Penggunaan Case dan IF di SQL

Posted by aLdyputRa on Monday 16 April 2012

Penggunaan Case dan IF di SQL - Kali ini saya akan memberikan informasi mengenai Penggunaan Case dan IF di SQL.Setelah beberapa waktu lalu saya memberikan informasi mengenai Program Sederhana Java dan juga sedikit mengenai Contoh Program Sederhana Pascal kali ini saya akan memberikan sedikit contoh Penggunaan Case dan IF di SQL.

Penggunan CASE

Perintah Case sering digunakan untuk menampilkan nilai tertentu dari beberapa barisan data dengan syarat-syarat atau kondisi yang kita berikan.Kalau kita belajar bahasa pemrograman tentu kita kenal dengan perintah IF Condition, fungsinya CASE hampir sama. 

Bedanya perintah CASE digunakan untuk beberapa kondisi sekaligus, dan didalam SQL perintah CASEtidak bisa berdiri sendiri melainkan harus disisipkan dalam perintah SELECT. Jadi berbeda dengan perintah IFyang lebih bebas, akan tetapi perintah IF hanya berguna apabila dimasukan dalam STORE PROCEDURE,FUNCTION dan TRIGGER. 

Perbedaannya dalam SQL sangat jelas sekali, karena perintah CASE disisipkan dalam perintah SELECT jadi yang dihasilkan langsung berupa DATASET dan langsung bisa dilihat hasilnya.Perintah CASE ini mempunyai dua format,diantaranya :

Simple Case function :

Maksudnya adalah perintah CASE sederhana. Bentuk Sintaknya:
CASE input_expression WHEN when_expression THEN result_expression [ ...n ] [ ELSE else_result_expression ] END

Searched CASE function :

Maksudnya perintah CASE ini diikuti dengan syarat kondisi boolean, seperti >, <, >=, <= , dan lain-lain. Sintaknya sebagai berikut:
CASE WHEN Boolean_expression THEN result_expression [ ...n ] [ ELSE else_result_expression ] END 

Penggunaan IF

Fungsi If adalah salah satu fungsi untuk mengetes suatu kondisi. Jika kondisi bernilai benar(kondisi <> 0 dan kondisi <> NULL), maka fungsi IF akan mengembalikan nilai_benar, jika tidak benar maka akan mengembalikan nilai_salah.

Syntax:

IF(kondisi,nilai_benar,nilai_salah)

Sekian informasi sederhana saya mengenai Penggunaan Case dan IF di SQL.Semoga apa yang saya berikan dapat menambah pengetahuan mengenai Penggunaan Case dan IF di SQL.