Google Play

Posted by aLdyputRa on Wednesday 18 April 2012

Google Play - Kali ini saya akan memberikan informasi mengenai Google Play.Setelah jarang melakukan update Blog Sistem Informasi ini mengenai blogging,kali ini saya akan memberikan informasi mengenai Google Play.Bagi yang belum memahami apa sebenarnya Google Play itu sendiri,saya akan berikan informasi berikut agar teman - teman dapat mengetahui apa itu Google Play.

Google sudah melakukan pengembangan Android Market dan mengubahnya menjadi Google Play. Ini merupakan sumber yang lebih komprehensif untuk mendapatkan film, aplikasi, musik, dan ebook dalam satu fitur.

Google Play menandai permulaan radikal dari Android Market, sejak debut Android lebih dari tiga tahun lalu. Dengan layanan ini, Google merancang Google Play untuk meruntuhkan tembok pemisah dari sejumlah layanan penawaran yang dimiliki Google.

Rosenberg mengatakan "Google Play akan menjadi pengalaman tunggal bagi pengguna.Ini menciptakan pengalaman yang lebih kuat di Android dan juga meningkatkan kesempatan bagi mitra konten untuk berinteraksi dengan banyak penawaran Google.".

Pergeseran branding ini mengejutkan, mengingat sumber daya dan energi yang dihabiskan Google dalam membangun brand Android. Selama ini, Android Market memang melekat menjadi sebuah brand unik di sistem operasi mobile Google, dan butuh waktu untuk rebranding Google Play.

Langkah ini seperti menjawab kritikan yang diajukan kepada layanan terpisah Google. Selama ini, Google terkesan tidak melakukan sinkronisasi layanan sejenis, misalnya antara Google Music dengan video musik di YouTube.

Ketika eksekutif Google setuju dengan konsep Google Music sebagai label pada 2010 dan 2011, mereka juga membicarakan integrasi layanan dengan YouTube. Tapi hingga sekarang layanan itu tidak pernah digabungkan.

Dengan pembentukan Google Play, Rosenberg mengatakan musik tidak akan lagi menjadi layanan mandiri.Walau terbilang sukses sebagai sebuah platform, Android Market berjuang keras untuk menyaingi pendapatan Apple App Store. Sejak diluncurkan pada Oktober 2008, pendapatan Android Market selalu di belakang Apple App Store.

Sekian dulu informasi sederhana saya mengenai Google Play ini.Semoga teman - teman menjadi semakin tahu mengenai apa dan bagaimana asal usul dari Google Play.