Pengertian Teknologi Komunikasi

Posted by aLdyputRa on Tuesday 6 March 2012

Pengertian Teknologi Komunikasi - Kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit Pengertian Teknologi Komunikasi.Setelah beberapa saat lalu saya memberikan Pengertian Teknologi Informasi dan Pengertian Web Statis dan Dinamis kali ini saya akan memberikan sedikit mengenai Teknologi Informasi yaitu Pengertian Teknologi Komunikasi.

Teknologi komunikasi adalah peralatan perangkat keras (hardware) dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai-nilai sosial, yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, memproses, dan saling tukar menukar informasi dengan individu-individu lainnya.

Yang mendasari sesuatu hal dapat digolongkan kedalam Teknologi Komunikasi adalah :
  1. Teknologi komunikasi dapat di implementasikan dalam suatu alat
  2. Teknologi komunikasi dilahirkan oleh sebuah struktur sosial,ekonomi dan politik
  3. Teknologi komunikasi membawa nilai yang berasal dari struktur ekonomi , sosial dan politik tertentu
  4. Teknologi komunikasi meningkatkan kemampuan indera manusia terutama kemampuan mendengar dan melihat.
Perbedaan Teknologi Komuniasi Dengan Teknologi Informasi

Teknologi informasi lebih ditekankan pada hasil data yang diperoleh sedangkan pada teknologi komunikasi ditekankan pada bagaimana suatu hasil data dapat disalurkan, disebarkan dan disampaikan ke tempat tujuan.

Teknologi informasi berkembang cepat dengan meningkatnya perkembangan komputer dengan piranti pendukungnya serta perkembangan teknologi komunikasi yang ada.Teknologi komunikasi berkembang cepat dengan meningkatnya perkembangan teknologi elektronika, sistem transmisi dan sistem modulasi, sehingga suatu informasi dapat disampaikan dengan cepat dan tepat.

Bentuk Teknologi Informasi
  • Komunikasi Suara
  • Komunikasi Tulisan dan Gambar
  • Komunikasi Data
Pelaku Teknologi Komunikasi

Dalam rangkaian sumber, penyampaian dan penerimaan informasi ada beberapa pihak yang tersangkut dan saling tergantung satu dengan yang lainnya, yaitu :
  1. Pemakai
  2. Perusahaan penyedia jasa telekomunikasi
  3. Produsen peralatan komunikasi
  4. Badan yang mengatur/mengkoordinir seluruh kegiatan komunikasi dari segi ekonomis dan teknis dalam mengadakan peraturan, standar, harga patokan, dan lain-lain.
Unsur - Unsur Teknologi Komunikasi

Unsur-unsur teknologi komunikasi adalah :
  1. Informasi, dapat berupa tulisan, suara, musik, gambar,dan data yang memiliki spektrum frekuensi dan bentuk-bentuk yang berbeda.
  2. Alat yang dipergunakan untuk meneruskan informasi, dengan media transmisi dan sistem modulasi
  3. Dengan cara yang sesuai,bentuk akhir ( informasi yang diterima ) harus seserupa mungkin dengan bentuk awal ( informasi yang dikirimkan ) dan dalam batas-batas distorsi yang dapat ditolerir.
  4. Dalam jumlah maupun kecepatan yang semakin meningkat melalui jarak yang semakin jauh dengan biaya yang seekonomis mungkin.
Metode Penyampaian Informasi

Penyampaian informasi dapat dibedakan atas :
  • Komunikasi dari titik ke titik (point to point) Informasi dari satu sumber hanya disampaikan pada satu penerima saja.
  • Komunikasi dari satu titik ke segala penjuru (broadcasting) Informasi dapat diambil oleh siapapun yang memerlukan Informasi dari sumber dan disebarluaskan ke seluruh penjuru secara bersamaan.
Sekian informasi sederhana saya mengenai Pengertian Teknologi Komunikasi semoga apa yang teman - teman cari mengenai Teknologi Komunikasi dapat teman - teman temukan dalam artikel saya mengenai Pengertian Teknologi Komunikasi.