Komponen Sistem Informasi Geografi

Posted by aLdyputRa on Monday 5 March 2012

Komponen Sistem Informasi Geografi - Kali ini saya akan sedikit memberikan mengenai beberapa Komponen Sistem Informasi Geografi.Setelah beberapa saat lalu saya memberikan informasi mengenai Pengertian Sistem Informasi Geografi kali ini saya akan memberikan informasi lainnya mengenai Sistem Informasi Geografi yaitu Komponen Sistem Informasi Geografi.

Sistem Informasi Geografis Menurut Barus dan Wiradisastra, Sistem Informasi Geografis (SIG) adalah merupakan suatu sistem basis data dengan kemampuan khusus untuk menangani data yang bereferensi keruangan (spasial) bersamaan dengan seperangkat operasi kerja. Sedangkan menurut Anon Sistem Informasi Geografi (SIG) adalah suatu sistem Informasi yang dapat memadukan antara data grafis (spasial) dengan data teks (atribut) objek yang dihubungkan secara geogrfis di bumi (georeference).

Disamping itu, SIG (Sistem Informasi Geografis)juga dapat menggabungkan data, mengatur data dan melakukan analisis data yang akhirnya akan menghasilkan keluaran yang dapat dijadikan acuan dalam pengambilan keputusan pada masalah yang berhubungan dengan geografi. Sistem Informasi Geografi (SIG) terdiri dari beberapa komponen yaitu perangkat keras, perankat lunak, data, sumber daya manusia.

Komponen Sistem Informasi Geografi terdiri dari :
  1. Perangkat keras (hardware)
  2. Perangkat lunak (software) 
  3. Data 
  4. Sumber Daya Manusia
Sekian dulu informasi saya mengenai apa saja Komponen Sistem Informasi Geografi itu sendiri.Semoga apa yang teman - teman cari terdapat dalam artikel sederhana saya mengenai Komponen Sistem Informasi Geografi.