Hal yang Harus Dihindari Saat Berkendara

Posted by aLdyputRa on Thursday 23 July 2015

Toko Peralatan Otomotif Online | Toko Peralatan Alat Mobil Online | Toko Aksesoris Mobil Online

Bagi seseorang yang hidup dikota besar, sepertinya memiliki kendaraan bermotor baik roda dua atau roda empat sepertinya menjadi hal yang sangat layak. Namun, tidak sedikit juga yang memaksakan berkendara padahal kondisi badan atau kendaraan sedang tidak fit untuk berkendara.

Berikut ini beberapa hal yang harus kalian hindari saat ingin berkendara:

Menyetir dalam keadaan "under the influence" 
Dalam pengaruh apa? Tentu saja dalam pengaruh minuman keras atau narkotika. Memaksakan diri, baik secara sadar maupun tidak, untuk mengemudi dalam kondisi ini sih sama saja cari masalah. Selain potensial mencelakakan diri sendiri, orang lain pun juga bisa kena akibatnya.
Mengemudi saat lelah.
Yang satu ini memang susah untuk dihindari. Tapi percayalah, hal ini sama bahayanya seperti menyetir dikala mabuk. Saat mengantuk, potensi kecelakaan sepertinya tinggal menunggu waktu saja untuk terjadi. Istirahatlah yang cukup dan jika terpaksa, berhentilah sejenak untuk beristirahat. Obat ngantuk di dunia ini hanya ada satu: tidur!
Kebut-kebutan.
Mengebut yang dimaksud disini tentu saja yang ugal-ugalan. Makin cepat sebuah mobil melaju, makin besar pula kemungkinannya untuk menabrak. Berjalanlah sewajarnya dan ikuti alur lalu lintas yang ada. Saat semua orang melaju di jalan dengan kecepatan yang serupa, kondisi lalu lintas menjadi lebih mudah diprediksi. Keamanan bagi semua orang pun bisa didapat.
Tidak fokus saat mengemudi.
Penyebabnya? Beragam. Mulai dari menggunakan telepon genggam/smartphone (hei, Anda bisa tetap bisa melihat timeline Path nanti di rumah atau di kantor kok..), memakai makeup sambil mengemudi, bercukur saat menyetir, dll. Mengemudi itu butuh fokus.
Tetap mengebut saat cuaca buruk.
Saat cuaca memburuk (hujan deras, badai, angin kencang, dll), usahakan untuk tidak mengebut. Pelan-pelan saja dan jaga jarak aman antar kendaraan.