Pengertian Globalisasi - Apa Itu Globalisasi

Posted by aLdyputRa on Saturday 19 May 2012

Pengertian Globalisasi - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai Apa Itu Globalisasi dalam sebuah artikel yang saya beri judul Pengertian Globalisasi.Banyak yang sudah mengerti mengenai apa sebenarnya globalisasi itu sendiri,namun tidak sedikit pula yang mencari - cari mengenai Pengertian Globalisasi.

Globalisasi merupakan fenomena yang sedang kita rasakan bersama saat ini. Pengertian globalisasi secara umum adalah perkembangan kontemporer yang memiliki pengaruh dalam munculnya berbagai kemungkinan tentang perubahan dunia yang akan berlangsung.

Namun ada juga yang mendefinisikan pengertian globalisasi adalah hilangnya batas ruang dan waktu dikarenakan begitu cepatnya informasi mengalir keseluruh wilayah. Meskipun demikian, tentu tidak semua dampak globalisasi baik bagi kita.

Ada beberapa dampak negatif dari globalisasi yang perlu kita hindari, misalnya dalam dunia hiburan yang kurang berkualitas secara tidak langsung juga memperngaruhi perilaku masyarakat menjadi tidak baik dan masih banyak contoh lainnya.

Kita juga tidak bisa menghindar dari globalisasi ini, karena ini bersifat sangat umum dan berlaku untuk setiap individu. Untuk itu perlu pemahaman lebih lanjut tentang pengertian globalisasi agar kita tidak menjadi korban globalisasi dan justru dengan globalisasi menurunkan kualitas hidup kita.

Pada dasarnya pengertian globalisasi sangat sederhana, yaitu upaya untuk memajukan perdaban dan untuk kemaslahatan umat manusia. Akan tetapi dalam kenyataannya tidak sedikit pula orang yang terjerumus dalam hal negatif dikarenakan globalisasi. Globalisasi yang seharusnya meningkatkan kualitas hidup kita malah menjadi petaka bagi orang tidak mampu menyesuaikan diri dengan globalisasi. Perlu kehati-hatian dan penyringan yang kuat agar kita tidak menjadi korban dampak negatif globalisasi.


Pengertian Globalisasi Menurut Beberapa Pendapat

  • Pengertian globalisasi menurut Kamus Bahasa adalah fenomena yang menjadikan dunia mengecil dari segi perhubungan manusia yang dimungkinkan karena perkembangan teknologi yang sangat cepat. Seperti yang kita rasakan saat ini, arus perkembangan teknologi berkembangan sangat pesat dan semakin canggih. Pengembangan-pengembangan itu tidak lepas dari pemikiran para manusia yang haus akan pengembangan teknologi yang semakin canggih, jadi tidak perlu heran jika saat ini kita dikelilingi teknologi canggih karena kita hidup dalam era perkembangan teknologi.
  • Pengertian globalisasi selanjutnya adalah dari Selo Soemarjdan merupakan terbentuknya sistem organisasi dan komunkasi antar masyarakat diseluruh dunia untuk mengikuti sitem dan kaidah-kaida yang sama. Tentu saja jika komunikasi manusia diseluruh dunia mengikuti sistem yang sama maka bisa jadi kedamaian akan tercipta.
  • Pengertian globalisasi menurut wikipedia adalah keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa dan antar manusia di seluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit.
  • Menurut kamus besar bahasa indonesia Globalisasi berarti proses masuknya ke ruang lingkup dunia.
  • Menurut smith Globalisasi adalah proses dimana dunia menjadi semakin terhubung (interconnected).
Sekian informasi sederhana saya mengenai Apa Itu Globalisasi.Semoga dengan adanya artikel sederhana ini,teman - teman semua dapat mengerti dan memahami mengenai Pengertian Globalisasi.