Contoh Makalah TIK SMP

Posted by aLdyputRa on Friday 24 February 2012

Contoh Makalah TIK SMP - Kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai Contoh Makalah TIK SMP.Setelah beberapa saat lalu saya memberikan informasi mengenai Makalah Kesehatan Lingkungan dan Contoh Makalah Tentang Narkoba kali ini saya akan memberikan informasi mengenai Contoh Makalah TIK SMP.

Berikut ini adalah Contoh Makalah TIK SMP yang dapat saya berikan untuk teman - teman semua yang setia mengunjungi blog sistem informasi ini.


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat, selain membantu memudahkan manusia dalam berkomunikasi dan mencari informasi maupun menerima informasi tetapi juga menuntut manusia untuk berpikir lebih maju. Pada era teknologi informasi dan komunikasi sekarang ini, komunikasi merupakan hal yang sangat penting sekali. Komunikasi sangat dibutuhkan dalam kehidupan seseorang, bisnis dan juga pendidikan. Alat komunikasi yang semakin canggih dan bermacam-macam menuntut manusia untuk memilikinya.

Di sekolah-sekolah, kini siswa mendapat pelajaran teknologi informasi dan komunikasi dengan adanya mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Dengan begitu maka manusia mampu mengikuti pesatnya perkembangan jaman.

Selain sebagai tugas mata pelajaran TIK, disusunnya makalah ini juga karena masih kurangnya pemahaman kami terhadap materi-materi teknologi informasi dan komunikasi yang berkaitan dengan komputer dan internet. Hal ini karena masih terbatasnya perangkat komputer dan jaringan internet di daerah kami berada. Untuk itu dalam makalah ini kami akan membahas tentang Hardware dan Software Internet.


B. Tujuan
  1. Lebih memahami tentang materi pentingnya alat komunikasi,
  2. Tidak salah dalam menggunakan alat-alat teknologi informasi dan komunikasi
  3. Dapat menambah pengetahuan dan wawasan dalam belajar teknologi informasi dan komunikasi yang berkaitan dengan alat komuikasi bagi penyusun dan pembaca.
  4. Meningkatkan kerjasama yang baik dalam kelompok belajar,
C. Sistematika

Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB I PENDAHULUAN
  • Latar Belakang Masalah
  • Tujuan
  • Sistematika
BAB II PEMBAHASAN
  • Pentingnya Komunikasi
  • Telephone Seluler Sebagai Media Komunikasi
  • Internet Sebagai Media Komunikasi
  • Bagaimana Komunikasi Menggunakan Internet ?
BAB III PENUTUP
  • Kesimpulan
  • Saran
Daftar Pustaka 

BAB II
PEMBAHASAN


A. Pentingnya Komunikasi 

Berkomunikasi merupakan keharusan bagi manusia, karena dengan komunikasi kebutuhan manusia akan terpenuhi. Menurut Johnson (1981) dalam (Supratiknya, 2003: 9) mengemukakan beberapa peranan yang disumbangkan oleh komunikasi antar pribadi dalam rangka menciptakan kebahagiaan hidup manusia, adalah sebagai berikut:
  1. Komunikasi antar pribadi membantu perkembangan intelektual dan sosial kita.
  2. Identitas atau jati diri kita terbentuk dalam dan lewat komunikasi dengan orang lain.
  3. Dalam rangka memahami realitas di sekeliling kita serta menguji kebenaran kesan-kesan dan pengertian yang kita miliki tentang dunia di sekitar kita, kita perlu membandingkannya dengan kesan-kesan dan pengertian orang lain dan realitas yang sama.
  4. Kesehatan mental kita sebagian besar juga ditentukan oleh kualitas Komunikasi atau hubungan kita dengan orang lain, lebih-lebih orangorang yang merupakan tokoh-tokoh signifikan (significant figures) dalam hidup kita.
Diawali dengan komunikasi yang intensif dengan ibu pada masa bayi, lingkaran komunikasi itu menjadi semakin luas dengan bertambahnya usia individu. Seiring dengan proses tersebut,perkembangan intelektual dan sosial individu sangat ditentukan oleh kualitas komunikasi dengan orang lain tersebut. Secara sadar maupun tidak sadar individu memperhatikan dan mengingat-ingat semua tanggapan dari orang lain terhadap diri individu. Dengan komunikasi dengan orang lain individu dapat menemukan diri yang sebenarnya. Komunikasi antarpribadi mengembangkan individu dari dimensi kesosialan.

Bersosialisasi dengan orang lain secara tidak langsung menunjukkan kekhasan diri sendiri, sehingga lebih mudah menemukan jatidiri. Kondisi mental yang sehat dan tidak sehat ternyata dipengaruhi juga oleh kualitas komunikasi antarpribadi dengan orang lain. Oleh sebab itu komunikasi antarpribadi sangat penting bagi kehidupan individu yang hidup di tengah-tengah lingkungan sosial.

Komunikasi pada saat ini merupakan sesuatu yang sangat penting bagi seluruh manusia di dunia. Pada zaman dahulu orang-orang purba berkomunikasi melalui coretan atau lukisan yang ada di dalam gua. Bayangkan saja jika tidak ada komunikasi pada zaman globalisasi sekarang ini, bisa-bisa suatu negara tidak akan mengetahui apa yang terjadi di negara lain. Komunikasi pada saat ini sudah sangat canggih. Contoh saja handphone yang sekarang ini dapat di gunakan di seluruh dunia, tanpa mengenal batas negara dan benua.

Baru-baru ini,telah tersedia jaringan baru untuk telepon genggam,yaitu jaringan 3G atau generasi ke tiga, yang memungkinkan satu sama lain dapat bertatap muka secara langsung melalui telepon genggam atau handphone.

Contoh yang lain adalah Internet. Internet merupakan suatu jaringan komputer yang dapat memuat berita terkini atau berita yang penting dan dapat diakses kapan saja,di mana saja,dan siapa saja orang di seluruh dunia. Internet dapat pula dinikmati melalui telepon genggam. Jadi, komunikasi merupakan suatu hal yang dilakukan oleh suatu masyarakat di daerah yang satu untuk mengetahui apa yang terjadi di daerah yang lain.

B. Telephone Seluler Sebagai Media Komunikasi

Pada era informasi sekarang ini, telekomunikasi mempunyai suatu peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Melalui media komunikasi tersebut, manusia dapat saling bertukar informasi dengan jarak jauh, baik secara lisan aupun tulisan. Seiring dengan cepatnya perkembangan teknologi yang mempunyai mobilitas tinggi yaitu telepon seluler. Perkembangan telepon seluler berawal dari munculnya telepon kabel yang kemudian berkembang dan mengalami perubahan menjadi telepon nir kabel (tanpa kabel). Proses telepon yang tanpa kabel ini bekerja dengan menggunakan pancaran signal yang disalurkan pad telepon seluler lewat layanan operator yang disediakan untuk menyelenggarakan jaringan telepon seluler.

Penggunaan telepon seluler pada saat-saat sekarang sudah sangat membudaya dan telah banyak digunakan oleh masyarakat pada umumnya sebagai sarana untuk berkomunikasi. Penggunaan telepon seluler secara umum mempunyai dua fasilitas utama dalam penyampaian pesan yaitu penyampaian pesan secara lisan dengan berbicara langsung lewat ponsel dan fasilitas Short Messages Service yang sering disebut dengan SMS. Selain itu ponsel juga dapat digunakan untuk koneksi internet secara langsung (pada ponsel itu sendiri) ataupun secara tidak langsung (digunakan sebagai modem).

Penggunaan telepon seluler merupakan suatu media komunikasi dalam penyampaian dan penerimaaan pesan yang dapat dilakukan secara cepat, praktis dan mudah untuk dibawa kemana-mana. Bahkan sekarang ini warnet tidak seramai dahulu, karena hanya dengan memiliki ponsel yang memiliki fitur yang mumpuni, menggunakan layanan internet tidak perlu lagi pergi ke warnet, cukup menggunakan ponsel.

Artikel mengenai Contoh Makalah TIK SMP ini sengaja tidak saya berikan secara lengkap karena terlalu panjang.Jika ingin mendapatkan Contoh Makalah TIK SMP secara lengkap silahkan Download Contoh Makalah TIK SMP.Sekian informasi saya mengenai Contoh Makalah TIK SMP.