Cara Membuat Makalah Yang Baik

Posted by aLdyputRa on Thursday 9 February 2012

Cara Membuat Makalah Yang Baik - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan Cara Membuat Makalah Yang Baik.Setelah beberapa saat lalu saya memberikan Contoh Makalah Tentang Narkoba dan Contoh Makalah kesehatan kali ini saya mencoba memberikan sedikit informasi mengenai bagaimana Cara Membuat Makalah Yang Baik.

Sebelum teman - teman melihat Cara Membuat Makalah Yang Baik,ada baikanya teman - teman mengetahui terlebih dahulu mengenai apa arti makalah.Makalah adalah suatu karya tulis ilmiah mahasiswa mengenai suatu topik tertentu yang tercakup dalam ruang lingkup suatu perkuliahan.

Makalah ini umumnya merupakan salah satu syarat untuk menyelesaikan suatu perkuliahan, baik berupa kajian pustaka maupun hasil kegiatan perkuliahan lapangan.Nah untuk Cara Membuat Makalah Yang Baik berikut ini saya berikan contohnya


Contoh Cara Membuat Makalah Yang Baik :

  • Pendahuluan
Penulisan makalah Tugas Akhir ini merupakan suatu bentuk lain dari Tugas Akhir yang siap dipublikasikan pada berbagai media ilmiah baik untuk kepentingan kalangan akademisi maupun praktisi. Oleh karena itu, disyaratkan pada mahasiswa untuk mengikuti beberapa pedoman penulisan makalah yang disesuaikan dengan beberapa referensi jurnal yang sudah terbit. Singkatnya, mahasiswa diharapkan membuat makalahnya persis seperti dokumen ini. Cara paling mudah adalah dengan men-down-load file pedoman sebagai template, kemudian mengganti isinya dengan tulisan sendiri.
  • Isi Makalah
Makalah sebaiknya ditulis dalam beberapa bab (tidak harus sama dengan bab pada Tugas Akhir) yaitu pendahuluan, metodologi penelitian (bukan gambar metodologi melainkan uraian pendekatan pemecahan masalah) atau formulasi model, pengumpulan data, analisis, kesimpulan, dan daftar pustaka. Pendahuluan berisi uraian singkat tentang latar belakang, permasalahan, dan tujuan penelitian. Penempatan asumsi dan batasan disesuaikan dengan kebutuhan, artinya dapat diberikan pada bagian pendahuluan ini atau pada saat formulasi model / algoritma.

  • Ukuran halaman 

Makalah dicetak dengan tinta hitam pada kertas HVS 80 gram berukuran A4 (21,0 x 29,7 cm), dengan marjin atas, kiri, dan kanan 2,5 cm sedang margin bawah 3,0 cm.
  • Pengetikan Naskah 
Makalah ditulis dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar, diketik dengan menggunakan Microsoft Word, font Times New Roman ukuran 11pt kecuali judul, abstrak dan alamat instansi, alignment justified, spasi tunggal, dalam dua kolom dimana jarak antar kolom 0,85 cm (0,33”).
  • Judul Bab dan Sub Bab 
Judul dari suatu bab, sub bab, atau sub-sub bab ditulis 11pt, bold, title case, spacing before 6pt.
  • Gambar dan Tabel
Tabel dan gambar disajikan centered (pada batas margin halaman). Judul tabel ditulis di atas tabel, judul gambar di bawah gambar, keduanya dengan 10 pt.
  • Persamaan 
Persamaan dituliskan justified dan diberi nomor sesuai urutan pemunculan yang dituliskan pada ujung marjin kanan dengan nomor arab dan berkurung.
  • Kesimpulan 
Jumlah halaman dibatasi 10-15 halaman. Tidak diperkenankan terdapat lampiran. Dikumpulkan sebanyak 1 eksemplar dalam bentuk softcopy.
  • Daftar Pustaka
Sekian informasi sederhana saya mengenai bagaimana Cara Membuat Makalah Yang Baik.Semoga teman - teman semua dapat Membuat Makalah Yang Baik setelah membaca artikel sederhana mengenai Cara Membuat Makalah Yang Baik.
4.5