Home » » Contoh Karya Ilmiah Tentang Sampah

Contoh Karya Ilmiah Tentang Sampah


Contoh Karya Ilmiah Tentang Sampah - Kali ini saya akan memberikan Contoh Karya Ilmiah Tentang Sampah.Setelah beberapa saat lalu saya berikan informasi mengenai Contoh Karya Ilmiah Biologi dan 
Contoh Karya Ilmiah ACFTA kali ini saya akan memberikan sedikit informasi sederhana lainnya mengenai Contoh Karya Ilmiah Tentang Sampah.

Karya Ilmiah Tentang Sampah ini banyak dicari para pelajar yang membuat mengenai Contoh Karya Ilmiah.Oleh karena itu saya memberikan informasi lainnya mengenai Contoh Karya Ilmiah bertemakan Contoh Karya Ilmiah Tentang Sampah.

Berikut ini adalah Contoh Karya Ilmiah Tentang Sampah yang dapat saya berikan.

Contoh Karya ilmiah tentang kebersihan
Aktifitas manusia dalam memanfaatkan alam selalu meninggalkan sisa yang dianggapnya sudah tidak berguna lagi sehingga diperlakukanya sebagai barang buangan yang disebut sampah. Sampah secara sederhana diartikan sebagai sampah organik dan anorganik yang dibuang oleh masyarakat dari berbagai lokasi di suatu daerah. Sumber sampah umumnya berasal dari perumahan dan pasar.

Hal tersebut disebabkan oleh beberapa factor, diantaranya adalah volume sampah yang sangat besar sehingga malebihi kapasitas daya tampung tempat pembuangan sampah akhir (TPA), pengelolaan sampah dirasakan tidak memberikan dampak positif kepada lingkungan, dan kuranganya dukungan kebijakan dari pemerintah, terutama dalam memanfaatkan produk sampingan dari sampah yang menyebabkan tertumpuknya produk tersebut di tempat pembuangan akhir (TPA).

Permasalahan sampah merupakan hal yang krusial. Bahkan, dapat diartikan sebagai masalah kultural karena dampaknya mengenai berbagai sisi kehidupan, terutama di kota besar. Berdasarkan perkiraan, volume sampah yang dihasilkan oleh manusia rata-rata sekitar 0,5 kg/perkapita/hari,sehingga untuk kota besar seperti Jakarta yang memiliki penduduk sekitar 10 juta orang menghasilkan sampah sekitar 5000 ton/hari. Bila tidak cepat ditangani secara benar, maka kota-kota besar tersebut akan tenggelam dalam timbunan sampah berbarengan dengan segala dampak negatif yang ditimbulkannya seperti pencemaran air, udara, tanah, dan sumber penyakit. 

Pada pengolahan sampah tidak ada teknologi tanpa meninggalkan sisa. Oleh sebab itu, pengolahan sampah membutuhkan lahan sebagai tempat pembuangan akhir (TPA). Sampah sebagai barang yang memiliki nilai tidak seharusnya diperlakukan sebagai barang yang menjijikan, melainkan harus dapat dimanfaatkan sebagai bahan mentah atau bahan yang berguna lainnya.Pengolahan sampah harus dilakukan dengan efisien dan efektif, yaitu sedekat mungkin dengan sumbernya, seperti RT/RW, sekolah, rumah tangga sehingga jumlah sampah dapat dikurangi.

Sampah merupakan sumber daya alam yang sangat besar, apabila kita dapat memanfaatkannya dengan baik. Pada sekolah kami “SMART Ekselensia Indonesia” dimana para siswanya di asramakan memiliki jumlah sampah yang lumayan besar, sehingga diperlukan penanganan sampah yang baik dan benar. Oleh karena itu perlu melalui proses daur ulang secara organik untuk menghasilkan produk pupuk yang sangat penting sebagai unsur hara untuk kesuburan tanah dan perkembangan tanaman.

Pengelolaan sampah diantaranya dapat dimanfaatkan menjadi pupuk cair organik yang didalamnya terkandung unsur hara yang dibutuhkan tanaman, perbaikan struktur tanah dan zat yang dapat mengurangi bakteri yang merugikan dalam tanah. Pupuk organik biasanya tidak meninggalkan residu / sisa dalam tanaman sehingga hasil tanaman akan aman bila dikonsumsi.
  • Tujuan Karya Ilmiah
Tujuan dari karya ilmiah ini adalah menemukan pengelolaan sampah yang baik sebagai proses daur ulang sampah untuk menghasilkan pupuk cair organik yang berkualitas sehingga dapat dimanfaatkan oleh tanaman bagi kelangsungan hidupnya
  • Manfaat Karya Ilmiah
Karya ilmiah ini diharapkan dapat memberikan informasi dibidang lingkungan hidup dan dapat memanfaatkan sampah di lingkungan sekolah SMART Ekselensia Indonesia, Bumi Pengembangan Insani sebagai bahan organik untuk dijadikan pupuk cair organik bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman.
  • Metode Karya Ilmiah
Metode yang digunakan pada karya ilmiah ini adalah proses pembuatan pupuk cair organik dengan cara fermentasi tanpa bantuan sinar matahari atau berlangsung secara anaerob ( kondisi yang tidak membutuhkan oksigen ).
Sekian informasi sederhana saya mengenai Contoh Karya Ilmiah Tentang Sampah.Jika ingin mendapatkan secara full silahkan dapatkan Contoh Karya Ilmiah Tentang Sampah.
5
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

2 Responses to this post

  1. Garry Laly on 8 March 2012 13:35

    Terimakasih banyak :D

    Izin download dulu, buat ujian praktek :)

  2. putRaaLdy on 8 March 2012 14:25

    sama2.. semoga bermanfaat ya..

Halo Sahabat,

aLdyputRa Photography menyediakan Jasa Foto mulai dari Prewedding wilayah Jakarta dan sekitarnya sampai foto narsis sekalipun.Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi Telp. Atau SMS : 085716634905, Email : support@aldyputra.net, Blacberry PIN : 27593324

Untuk pemasangan iklan bisa hubungi Admin blog ini disini terren.hoperz@gmail.com dan semoga Berkenan dan Bermanfaat ya Artikel - Artikel saya.

Leave a comment

Silahkan Berkomentar Dengan Penuh Sopan Dan Santun.
Komentar yang berbau :

• SARA
• Live Link
• Tidak Sopan

Akan kami hapus. Terima Kasih