Tips Membuat Powerbank Tahan Lama

Posted by aLdyputRa on Monday 13 July 2015


 
Bagi kalian yang memiliki powerbank, tentu akan sangat menjaga apa yang sudah dimilikinya. Mulai dari merawat dengan cara sederhana sampai dengan cara yang sangat ekstrim sekalipun. Nah, bagi kalian yang bingung untuk merawatnya, berikut tips yang dapat kita berikan untuk kalian:

Perhatikan cara dan waktu pengisian.
Cara pengisian juga dapat mempengaruhi umur power bank kamu. Agar lebih awet, usahakan untuk mengisi power bank sampai benar-benar penuh agar bisa bekerja secara optimal. Pastikan kamu menghentikan pengisian saat semua  lampu indikator pada power bank menyala. Selain itu, sebaiknya men-charge power bank saat dayanya sudah hampir habis, misalnya di bawah 15 %.
Hindari suhu terlalu panas dan dingin.
Pada dasarnya alat elektronik seperti power bank tidak kebal terhadap suhu yang ekstrem, dalam hal ini suhu yang terlalu panas ataupun terlalu dingin. Oleh karena itu, sebaiknya jangan letakkan power bank di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung dan juga tempat yang lembab, apalagi terkena air. Suhu yang terlalu panas ataupun dingin, dapat mempercepat kerusakan komponen-komponen di dalamnya. Sebaiknya simpan dan letakkanlah power bank di tempat yang memiliki suhu ruangan.
Tutup aplikasi yang berat saat menggunakan power bank.
Sering bermain games di gadget yang terhubung dengan power bank? Jika iya, kamu harus mulai menghentikan kebiasaan tersebut. Hal ini karena power bank dipaksa untuk mengeluarkan daya sebanyak dua kali lipat saat gadget digunakan untuk menjalankan aplikasi yang berat seperti games dan browsing internet. Oleh karena itu, sebaiknya kamu tidak menjalankan aplikasi yang berat saat men-charge gadget dengan menggunakan power bank. Bila perlu, matikan gadget saat menghubungkan gadget ke power bank.