Jenis Sol Pada Sepatu Sepakbola

Posted by aLdyputRa on Wednesday 1 July 2015

 
Bagi para pemain bola, sepatu mungkin menjadi hal yang sangat penting dalam setiap kondisi bermain dilapangan. Banyak diantara kita yang belum tahu bagaimana memilih sepatu bola untuk kondisi lapangan yang akan kita gunakan sebagai tempat bermain.
 
Kali ini kami akan memberikan sedikit tips memilih sepatu sebelum menggunakannya sesuai dengan kondisi lapangan yang kita gunakan:

Soft Ground (SG).
Sepatu yang meggunakan Sol SG adalah khusus sepatu sepakbola. Jenis sepatu yang menggunakan sol ini biasa digunakan di lapangan yang  bermedan lunak atau soft, sangat cocok digunakan pada keadaan lapangan setelah hujan atau pada saat pagi hari karena pada waktu ini biasanya masih banyak embun yang menempel sehingga akan membuat lapangan sedikit basah.
Firm Ground (FG).
Sepatu dengan Sol FG ini juga termasuk tipe sepatu sepakbola. Jenis sepatu yang menggunakan sol ini biasa digunakan di lapangan dengan kekerasan sedang. Sol FG ini memiliki ciri utama memakai 4 stud belakang dan 9 stud depan, bahan outsole biasanya dari TPU (plastik).
Hard Ground (HG).
Sepatu dengan Sol HG ini juga termasuk tipe sepatu sepakbola. Jenis sepatu yang menggunakan sol ini biasa digunakan di lapangan keras/ kering. Sol HG ini memiliki ciri utama memakai 4 stud belakang dan 11 stud depan, bahan outsole biasanya dari rubber (karet) atau TPU yang soft.
Artificial Ground (AG) / Indoor (IN).
Jenis sepatu sol yang ke empat ini sedikit banyak sudah saya ulas pada artikel saya di perbedaan sepatu futsal Sol IC dan Sol TF. Sepatu dengan Sol AG memang di peruntukkan untuk lapangan indoor (FUTSAL).