Tips Belanja Online Aman dan Nyaman

Posted by aLdyputRa on Sunday 28 June 2015

 
Bagi para pecinta belanja online, tentu akan menjadi sangat memilih dimana toko yang akan menjadi pilihan kalian melakukan transaksi jual-beli. Banyak yang masih berpikir apakah akan aman ketika berbelanja di situs A? Bagaimana kalau nanti saya tertipu? Nah, kali ini kami akan memberikan sedikit tipsnya.
 
Berikut ini adalah tips yang bisa kami berikan untuk kalian semua yang ingin berbelanja online secara aman dan nyaman:
 
Lakukan riset terhadap situs web online tersebut.
Tips ini harus dilakukan kalau Kamu berbelanja seperti pakaian online di situs web yang Kamu sendiri kurang familiar. Periksa nomor telepon si penjual dan hubungi. Kalau tidak meyakinkan, kunjungi mesin pencari Google atau Yahoo kemudian masukkan nama situs web itu.
Baca kebijakan situs web tersebut.
Jangan sampai di kebijakan itu ada poin yang menyebutkan kalau pengelola situs web boleh memberikan data pribadi ke pihak lain. Baca juga kebijakan pengembalian barang. Karena barang yang dibeli tidak bisa dilihat secara fisik, harus ada garansi kalau barang yang dikirim cacat, Kamu boleh mengirim barang cacat itu kembali dan tentu saja diganti dengan barang baru atau uang kamu kembali.
Jangan mudah tergoda barang murah.
Jangan buru-buru jatuh cinta pada tawaran barang dengan harga murah yang datang dari e-mail, apalagi meminta ID dan password tanpa izin dari pemilik e-mail.
Pertimbangkanlah cara pembayaran.
Pembayaran biasanya dilakukan dengan kartu kredit. Dengan kartu kredit, Kamu punya bukti kuat kalau Kamu sudah melakukan transaksi kalau barang tidak diantar atau tidak sesuai pesanan. Tapi, karena banyaknya pencurian nomor kartu kredit, pembayaran dengan menggunakan sistem seperti PayPal, Transfer Kirim, atau COD boleh dipertimbangkan.