Pengertian Cloud Server

Posted by aLdyputRa on Saturday 4 October 2014



Cloud server, sepertinya sudah tidak asing lagi ditelinga kita ketika mendengar sebutan ini. Namun, tidak sedikit orang yang salah mengartikan antara cloud server dengan dedicated server. Pada artikel sederhana saya kali ini, saya tidak akan membahasnya secara langsung.

Kali ini, saya akan membahas sebuah artikel mengenai pengertian cloud server itu sendiri. Mengapa tidak saya jadikan satu? Itu semua agar kalian tetap memahami secara satu persatu antara cloud server dan dedicated server.


Cloud Server

Sudah menjadi barang pasti bahwa kita harus mengetahui yang namanya on premise (Dedicated). Apa itu? On premise adalah saat kita membutuhkan sebuah kendaraan, tentu kita membeli motor yang dapat kita gunakan sesuai dengan keinginan kita. Dengan membeli kendaraan pribadi, tentu kita bisa menggunakannya sesuka hati tetapi kita harus mengeluarkan dana yang sangat tinggi.

Sedangkan web hosting, ketika kita membutuhkan sebuah kendaraan untuk digunakan kita lebih memilih untuk menggunakan angkutan umum daripada kita harus membeli kendaraan pribadi. Sudah barang pasti, kita tidak bisa memilih kendaraannya, supirnya, tempat duduk dll karena digunakan oleh banyak orang.

Dari analogi yang saya berikan, tentu teman-teman bisa menyimpulkan bahwa cloud server itu kita seolah-olah memiliki sebuah server sendiri tetapi kita tidak melihat bentuk fisiknya. Sampai disini paham ya?

Nah, bagi teman-teman yang ingin mencoba yang namanya cloud server ini saya memberikan sebuah Rekomendasi untuk Cloud Dedicated Server Terbaik dan Termurah di Indonesia, silahkan dibaca artikel sederhana saya mengenai hal tersebut.