Pengertian CV Persekutuan Komanditer

Posted by aLdyputRa on Monday 30 July 2012

Pengertian CV Persekutuan Komanditer - Kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai Persekutuan Komanditer atau lebih dikenal dengan sebutan CV.Banyak yang belum mengetahui informasi mengenai apa sebenarnya CV ini atau Persekutuan Komanditer,oleh karena itu saya coba memberikan informasi mengenai Pengertian CV Persekutuan Komanditer.

CV atau Commanditaire Vennontschap yang biasa disebut Persekutuan Komanditer adalah suatu Perusahaan yang didirikan oleh satu atau beberapa orang secara tanggung menanggung, bertanggung jawab secara seluruhnya atau secara solider, dengan satu orang atau lebih sebagai pelepas uang (Geldschieter), dan diatur dalam KUHD.

CV pada konsepnya merupakan permitraan yang terdiri dari satu atau lebih mitra biasa dan satu atau lebih mitra diam (Komanditer), yang secara pribadi bertanggung jawab untuk semua utang permitraan, dan bertanggung jawab hanya sebesar kontribusinya. Kehadiran mitra diam adalah ciri utama dari CV atau permitraan terbatas.

Dalam soal pengurusan Persekutuan, sekutu komanditer dilarang melakukan pengurusan meskipun dengan surat kuasa. Ia hanya boleh mengawasi pengurusan jika memang ditentukan demikian di dalam Anggaran Dasar persekutuan. Bila ketentuan ini dilanggar, Pasal 21 KUHD memberi sanksi dimana sekutu komplementer bertanggung jawab secara pribadi untuk keseluruhan.


Dalam CV hanya sekutu komplementer yang boleh mengadakan hubungan terhadap pihak ketiga. Jadi yang bertanggung jawab kepada pihak ketiga hanya sekutu komplementer.Demikianlah sepintas pengertian mengenai CV atau Commanditaire Vennontschap.Sekian informasi saya mengenai Pengertian CV Persekutuan Komanditer.