Pengertian Budaya Organisasi

Posted by aLdyputRa on Saturday 21 July 2012

Pengertian Budaya Organisasi - Kali ini saya akan memberikan sedikit artikel mengenai Budaya Organisasi.Bukan mengenai apa saja contohnya yang ada,melainkan sedikit mengenai apa sebenarnya Pengertian Budaya Organisasi.Oleh karena itu,agar semua teman - teman mengetahui informasinya silahkan dilihat artikel mengenai Pengertian Budaya Organisasi.

Manusia adalah makhluk yang berbudaya, setiap aktifitasnya mencerminkan sistem kebudayaan yang berintegrasi dengan dirinya, baik cara berpikir, memandang sebuah permasalahan. Pengambilan keputusan dan lain sebagainya.

Budaya Organisasi - Kata budaya (Culture) sebagai suatu konsep berakar dari kajian atau disiplin ilmu Antropologi ; yang oleh Killman . et. Al (dalam Nimran, 2004 : 134) diartikan sebagai Falsafah, ideologi, nila-nilai, anggapan, keyakinan, harapan, sikap dan norma yang dimiliki bersama dan mengikat suatu masyarakat.

Menurut Robbins (1999 : 282) semua organsasi mempuyai budaya yang tidak tertulis yang mendefinisikan standar-standar perilaku yang dapat diterima dengan baik maupun tidak untuk para karyawan. Dan proses akan berjalan beberapa bulan, kemudian setelah itu kebanyakan karyawan akan memahami budaya organiasi mereka seperti, bagaimana berpakaian untuk kerja dan lain sebagainya

Gibson (1997 : 372) mendefinisikan budaya organisasi sebagai sistem yang menembus nilai-nilai, keyakinan, dan norma yang ada disetiap organisasi. Kultur organisasi dapat mendorong atau menurunkan efektifitas tergantung dari sifat nilai-nilai, keyakinan dan norma-norma yang dianut.

Sekian informasi sederhana saya mengenai Budaya Organisasi ini.Semoga dengan adanya informasi ini,teman - teman semuanya dapat mengerti dan memahami mengenai apa sebenarnya sebuah Pengertian Budaya Organisasi.