Batik Tanjung Bumi Khas Madura

Posted by aLdyputRa on Tuesday 10 July 2012

Batik Tanjung Bumi Khas Madura - Kali ini saya akan memberikan sedikit informasi mengenai Batik Khas Madura yang sering disebut dengan nama Batik Tanjung Bumi.Saya sendiripun baru mengetahui mengenai jenis batik yang satu ini setelah melihat dan menghadiri acara Blogilicious 2012 #CreativeBlog 7 Kota. Mari kita bahas lebih lanjut mengenai Batik Tanjung Bumi Khas Madura.

Batik Tanjung Bumi Khas Madura ini saya ketahui melalui salah satu sesi acara diatas yang diisi oleh mas Toto Sugiharti, ada satu peserta yang bertanya bagaimana menjadikan Batik Tanjung Bumi sebagai salah satu Batik Khas Madura tak hanya di kampung halamannya tapi juga populer di dunia maya.

Saya pun menyimak pertanyaan tersebut dengan seksama,namun setelah mendengarkan dan mencari tahu mengenai apa saja keunikan Batik Tanjung Bumi Khas Madura ini,akhirnysa saya temukan beberapa diantaranya.

Keunikan Batik Tanjung Bumi Khas Madura

Batik Tanjung Bumi memiliki keunikan dari warnanya, jika mengerti cara mencuci dan menyimpannya, makin lama makin cerah warnanya. Motifnya pun terlihat unik dengan bahan yang terasa lebih lembut.Proses pembuatan Batik Tanjung Bumi membutuhkan waktu sekira 6 bulan untuk kualitas yang paling bagus dengan harga dipatok di kisaran 10 juta, semua bahan pembuatan dari bahan-bahan alami tanpa campuran bahan kimiawi.

Kualitas menengah butuh proses waktu sekira 2 bulan dengan harga di kisaran 250 ribu ke atas. Kualitas paling bawah proses pembuatannya membutuhkan waktu sekira 3 minggu dengan bahan pembuatan campuran alami dan kimiawi. Harga-harga di atas tersebut untuk ukuran kain batik dengan panjang 2 meter x 1 meter.

Mungkin sekian dulu informasi sederhana saya mengenai salah satu Batik Khas Madura yang bernama Batik Tanjung Bumi ini.Semoga dengan adanya artikel ini teman - teman semua dapat mengetahui mengenai Batik Tanjung Bumi Khas Madura.