Batik Khas Bogor - Batik Tradisiku

Posted by aLdyputRa on Monday 23 July 2012

Batik Khas Bogor - Kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit artikel mengenai Batik.Setelah beberapa waktu yang lalu saya memberikan informasi mengenai Batik Tanjung Bumi Khas Madura dan juga sedikit informasi mengenai Sejarah Batik Tanjung Bumi Khas Madura kali ini saya akan memberikan informasi mengenai Batik Khas Bogor.

Bogor terkenal dengan wisata kuliner, atau kebun raya bogornya. Namun tahukah anda bogor yang dikenal sebagai kota hujan ini juga memiliki batik khas bogor. Motif-motif yang dipilih antara lain motif hujan gerimis, kujang senjata tradisional jawa barat, kijang di halaman istana bogor, prasasti batu tulis, daun sempur, daun talas, teratai dan masih banyak lagi.

Batik Tradisiku pertama kali dipopulerkan oleh seorang pengusaha batik asal jogjakarta bernama Siswaya. Bisnis ini pun lahir empat tahun silam, dan Batik Tradisiku adalah batik khas bogor pertama di Bogor, jawa barat.

Di galeri batik ini pengunjung tidak hanya disuguhkan aneka macam batik dalam berbagai bentuk. Namun para pengunjung dapat langsung melihat proses pembuatan batik tulis dan batik cap. Tidak hanya itu pengunjung juga boleh mengajukan permintaan Motif Batik atau warna sesuai selera.

Proses produksi batik tradisiku dilakukan oleh beberapa anak muda baik laki-laki maupun perempuan. salah satu pembatik lakilaki adalah gary hampir satu tahun gary bekerja di tempat ini, baginya tidak ada ukuran gender dalam melakukan sebuah karya seni.

Keberadaan batik khas bogor pertama kalinya ini mengundang respon positif dari instansi pemerintah daerah bogor. Hal ini diwujudkan dengan penerapan penggunaan batik khas bogor bagi ratusan pegawai negeri sipil di kota hujan ini.

Tidak hanya di tingkat daerah batik tradisiku juga melakukan promosi hingga kancah internasional. Bulan Juli 2012 ini anak sang pemilik Batik Tradisiku, Lisa akan menghadiri pameran batik di jepang, diharpkan mereka dapat bekerja sama.

Keberadaan batik khas bogor sebagai inovasi baru, Selain bisa menjadi kebanggaan warga bogor, juga bisa membuka lapangan pekerjaan baru dan memberdayakan generasi muda dalam meneruskan keragaman batik indonesia. Jadi walaupun pemilik berdarah asli Jawa Tengah dan Jogja, namun karena keluarga tersebut telah tinggal hampir 30th dikota bogor sudah jadi kewajiban mereka pula untuk menciptakan lapangan pekerjaan bagi warga bogor.

Seperti namanya Batik Tradisiku Batik Khas Bogor ini diharapkan bisa menjadi penanda tradisi dan tak lekang dimakan zaman.Sekian informasi sederhana saya mengenai Batik Khas Bogor.