3 Teknik Pengutipan Makalah

Posted by aLdyputRa on Friday 13 July 2012

3 Teknik Pengutipan Makalah - Kali ini saya akan memberikan sedikit informasi mengenai Teknik Pengutipan Makalah yang saya ketahui.Banyak informasi yang saya dapatkan dan saya tuliskan kembali informasi tersebut dengan maksud agar teman - teman semuanya dapat mengetahui mengenai 3 Teknik Pengutipan Makalah.

Proposal dan skripsi adalah tugas akhir dalam suatu perkuliahan. Di dalam skripsi pasti ada yang namanya dasar teori atau kajian pustaka, yang jika kita akan mengambil dari sumber tersebut (mengutip) tentunya ada aturan yang harus dipatuhi.

Cara mudah dan benar mengutip untuk menyimpulkan tulisan,artikel atau paragrap, kita hharus tau pengertian kutipan itu sendiri. Kutipan adalah gagasan, ide, pendapat yang diambil dari berbagai sumber. Proses pengambilan gagasan itu disebut mengutip. Gagasan itu bisa diambil dari kamus, ensiklopedi, artikel, laporan, buku, majalah, internet, dan lain sebagainya.

Mengutip ada tiga cara yaitu menutip kutipan langsung, mengutip kutipan tidak langsung dan mengutip kutipan yang telah di kutipdi suatu sumber.

Cara Menutip Kutipan Langsung

Kutipan kurang dari 4 baris
Kutipan yang berisi kurang dari 4 baris di tulis di antara tanda kutip (“.....”) sebagai bagain yang terpadu dalam teks utama, diketik dengan sepasi ganda, dan nomor halaman sumber yang di kutip harus disebutkan. Nama pengarang dapat ditulis secara terpadu dalam teks atau menjadi satu dengan tahun dan nomor halaman di dalam kurung.
Kutipan 4 baris atau lebih
Kutipan yang berisi empat baris atau lebih ditulis tanpa tanda kutip secara terpisah dari teks yang mendahului, dimulai setelah ketukan ke-7 dari garis tepi sebelah kiri, dan diketik dengan sepasi tunggal.
Cara Mengutip Kutipan Tidak Langsung
Kutipan yang disebut secara tidak langsung atau dikemukakan dengan bahasa penulis sendiri ditulis tanpa tanda kutip, ditulis dengan sepasi ganda, dan terpadu dalam teks. Nama pengarang bahan kutipan dapat dapat disebut terpadu dalam teks, atau disebut dalam tanda kurung beserta tahun terbit. No halaman tidak harus disebutkan.
Cara Mengutip Kutipan Yang Telah Dikutip Di Suatu Sumber
Kutipan yang diambil dari naskah yang merupakan kutipan dari suatu sumber lain, baik secara langsung maupun tidak langsung, di kutip dengan menyebutkan nama penulis asli dan nama pengutip pertamaserta tahun dikutipnya.cara mengutip seperti ini hanya dibolehkan jika benar-benar sumber asli tidak di dapatkan,dan harus dianggap sebagai keadaan darurat.
Mungkin sekian dulu informasi sederhana mengenai Teknik Pengutipan Makalah yang dapat saya berikan kepada teman - teman semuanya.Semoga dengan adanya informasi berikut ini,teman - teman bertambah pengetahuannya mengenai 3 Teknik Pengutipan Makalah.