Pengertian Dan Kegunaan Keylogger

Posted by aLdyputRa on Tuesday 13 March 2012

Pengertian Dan Kegunaan Keylogger - Kali ini saya akan memberikan informasi mengenai Pengertian Dan Kegunaan Keylogger.Setelah beberapa saat lalu saya memberikan sedikit mengenai Contoh Hardware Keylogger kali ini saya akan memberikan Pengertian Dan Kegunaan Keylogger.

Pengertian Keylogger adalah sebuah perangkat baik perangkat keras atau perangkat lunak yang digunakan untuk memantau penekanan tombol keyboard. Sebuah keylogger biasanya akan menyimpan hasil pemantauan penekanan tombol keyboard tersebut ke dalam sebuah berkas log/catatan/rekaman. Beberapa keylogger tertentu bahkan dapat mengirimkan hasil rekamannya ke e-mail tertentu secara periodik.

Keylogger dapat digunakan untuk kepentingan yang baik atau bahkan bisa digunakan untuk kepentingan yang jahat. Kepentingan yang baik antara lain untuk memantau produktivitas karyawan, untuk penegakan hukum dan pencarian bukti kejahatan. Kepentingan yang buruk antara lain bisa disalah gunakan untuk pencurian data dan password orang lain.

Selain berbentuk perangkat lunak Keylogger juga bisa berbentuk perangkat keras. Keylogger yang berupa hardware yang besarnya seukuran baterai ukuran AA. Keylogger jenis ini dipasangkan pada ujung keyboard, sehingga mencegat data yang dialirkan dari keyboard ke CPU. Sementara itu, keylogger dalam bentuk perangkat lunak terpasang di dalam komputer dan bekerja secara tersembunyi. Cara sederhana untuk menghindari dampak adanya keylogger pada sistem operasi Microsoft Windows adalah dengan menggunakan fitur on-screen keyboard (osk.exe).

Bahaya juga bila Keylogger disalah gunakan untuk kejahatan, maka dari itu kita harus berhati – hati pada data pribadi kita terutama jika mengunakan komputer orang lain, sebab kita tidak tahu kapan orang baik dan kapan orang jadi jahat.karena dari itu kita harus tahu pengertian dan kegunaan keylogger dengan benar agar kita tidak menjadi korban dari kejahatan keylogger.Sekian informasi sederhana saya mengenai Pengertian Dan Kegunaan Keylogger.